Kelompok 6
Seperti yang pernah saya sebutkan sebelumnya, awalnya blog ini saya buat untuk memenuhi syarat mengikuti mata kuliah pendidikan. Setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 3 sks TA 2010/2011, wajib memiliki blog dan email. Adapun kewajiban ini dikarenakan dosen psikologi pendidikan kami ingin mengenalkan fenomena pendidikan berupa e-learning yang mulai masuk di Indonesia.
Adapun tujuan pembuatan posting ini adalah untuk memenuhi tugas kelompok I mengenai “Bagaimana pandangan dan penilaian kami sehubungan dengan kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti MK Psikologi Pendidikan 3 sks TA 2010/2011 harus memiliki email dan blog ditinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia, Medan khususnya.”
Pada zaman sekarang, sudah sangat dituntut keahlian teknologi seorang individu. Ditinjau dari fenomena pendidikan yang ada di kota Medan, sudah banyak sekali kurikulum pendidikan berbasis teknologi yang sudah diterapkan pada sekolah maupun universitas. Salah satu pembuktiannya yaitu dengan dikenalkannya komputer mulai dari tingkat SD dan yang paling terbaru yaitu program e-learning.
Menurut pandangan kami, dengan adanya kewajiban membuat blog bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan membuat mahasiswa lebih mandiri dan terpacu untuk mengembangkan pengetahuannya. Mahasiswa wajib memposting satu hal yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas sebelum masuk kuliah. Hal ini memicu kreativitas mahasiswa untuk mencari topik-topik yang berkaitan dan membahas dengan kata-kata mereka sendiri sehingga mengembangkan kemampuan menulis mereka. Selain itu, dengan adanya blog dapat membuat kita membagi informasi yang kita dapat dengan siapapun, sehingga pengetahuan yang kita dapat tidak mubazir; artinya kita tidak memperkaya diri kita sendiri saja, tapi juga memperkaya pengetahuan orang lain yang membaca postingan blog kita. Dengan adanya media blog pun memudahkan dalam “pengumpulan” tugas, seperti apabila kita berhalangan hadir di dalam kelas, kita bisa tetap mengumpulkan tugas kita melalui postingan blog. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar pun semakin efektif.
Selaras dengan pandangan John Dewey bahwa anak adalah pembelajar aktif; pendidikan seharusnya difokuskan pada anak dan memperkuat anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Dalam hal pembuatan blog ini, kita sebagai mahasiswa sudah diajarkan beradaptasi pada sistem pendidikan baru yang mulai berkembang di Indonesia. Kita juga dituntut berperan aktif dalam pengembangan blog kita sebagai salah satu sarana pembelajaran. Selain itu, melalui blog ini kita dapat menyalurkan segala kreativitas kita ke dalam blog sehingga orang lain di seluruh belahan dunia ini bisa menilai karya kita secara bebas. Kita pun bisa mendapatkan feedback-feedback yang akan sangat membantu kita dalam pengembangan karya tersebut. Dengan kata lain, kreatifitas kita pun bisa semakin terpacu dengan adanya sistem pembelajaran melalui blog ini. Alhasil, tidak hanya pengetahuan kita yang bertambah, akan tetapi kreatifitas kita pun juga semakin terpacu.
Selain blog, kita sebagai mahasiswa juga diwajibkan memiliki email. Menurut pandangan kami, diwajibkannya mahasiswa memiliki email juga tidak terlepas dari kaitannya dengan perkembangan teknologi di Indonesia. Dengan adanya email, kita dapat mengirimkan tugas-tugas kita kepada dosen dengan lebih efisien. Untuk mengumpulkan suatu tugas, kita tidak perlu lagi datang ke kampus melainkan hanya duduk di depan komputer dan mengirimkan tugasnya. Hal ini tentu saja lebih menghemat waktu dan tenaga sehingga kita dapat memanfaatkannya untuk aktivitas lainnya. Selain itu, email juga bisa membantu kita dalam pengerjaan tugas kelompok. Dalam pengerjaan tugas kelompok biasanya dilakukan pembagian tugas dan akan ada satu waktu yang ditentukan untuk mengumpulkan semua tugasnya untuk digabungkan. Bila semua orang harus berkumpul di suatu tempat untuk mengumpulkannya, kemungkinan akan ada beberapa orang yang tidak bisa datang pada hari pengumpulan tersebut (bisa karena sakit, ada acara lain dan lain sebagainya) sehingga penggabungan tugas kelompoknya akan terhambat. Tapi bila dengan email, kita bisa mengumpulkan pembagian tugas tersebut dari mana saja dan kapan saja. Hal ini tentu saja akan meminimalisir keterlambatan pengumpulan tugas yang akan menghambat pengerjaan tugas kelompok itu sendiri.
Dikaitkan dengan fenomena pendidikan di Indonesia khususnya, dalam beberapa tahun belakangan ini, teknologi semakin berperan penting dalam pendidikan. Sebagai contohnya, sudah banyak sekali dosen/guru yang menyuruh anak didiknya untuk mengumpulkan tugas melalui email saja karena mereka sulit ditemui. Oleh karena itu, kita tidak boleh menutup mata terhadap perkembangan teknologi ini. Kita sebagai mahasiswa harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya dengan baik dan tepat. Karena itu, kelompok kami sangat mendukung program pembelajaran seperti yang diterapkan oleh mata kuliah Psikologi Pendidikan ini yang mengharuskan setiap mahasiswa untuk memiliki blog dan email sendiri.
=THANK YOU=
Daftar Pustaka:
Santrock, J.W. (2010). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua Cetakan ke-3). Jakarta: Prenada Media Group
Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Ekonomi (Cetakan ke-2). Bandung: Alfabeta
Daftar Pustaka:
Santrock, J.W. (2010). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua Cetakan ke-3). Jakarta: Prenada Media Group
Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Ekonomi (Cetakan ke-2). Bandung: Alfabeta
No comments:
Post a Comment