Monday, May 30, 2011

Ke depan ke belakang, ke kanan lalu tekuk...

                Beberapa hari yang lalu saat sedang mengerjakan tugas kuliah, aku tiba-tiba tersentak karena aku baru tersadar belum mengepost tugas feedback ini. Karena beberapa permasalahan teknis, akhirnya baru hari ini aku bisa connect ke internet.
                Pada hari Selasa beberapa minggu yang lalu, Ibu Dina memberikan kuliah yang berbeda dari biasanya. Hari itu, sebelum kuliah kami diminta untuk membuat satu lingkaran besar yang terdiri dari hampir enam puluh mahasiswa. Mungkin lingkaran yang terbentuk hampir berdiameter 6 meter, besar sekali bukan?
                Awalnya kami diperdengarkan lagu ‘’Becak’’ tanpa lirik, hanya instrumen (alat musik) saja. Bu Dina memberikan liriknya, yaitu: “Ke depan ke belakang, ke kanan lalu tekuk. Ke depan ke belakang ke kanan lalu tekuk…dst” sambil memperagakan gerakan yang akan kami lakukan nantinya. Kami semua juga terlena dengan musik pengiring dan mengikuti gerakan Bu Dina dengan kompak.
                Musik tersebut ternyata semakin lama semakin cepat. Namun pada suatu titik, ada pause sejenak sebelum memasuki lanjutannya, dan akhirnya kembali ke tempo awal. Jika tidak konsentrasi pada musik pengiring tersebut, maka gerakan kami akan menjadi tidak sejalan dengan musik dan tidak kompak lagi.
                Kegiatan seperti ini yang dilakukan sebelum pelajaran dimulai disebut juga ice-breaking atau warming-up. Kegiatan tesebut dapat membuat murid menjadi tidak kaku dan merasa lebih nyaman dengan guru mereka. Selain itu, mereka juga akan lebih siap untuk menerima pelajaran yang akan disampaikan. Training guru yang pernah saya ikuti juga mengajarkan metode ini. Selain gerakan tubuh, ada juga yang hanya perlu menggerakkan tangan, tetapi diperlukan konsentrasi penuh. Gerakan sederhana tetapi sulit dilakukan ini disebut dengan brain gym. Brain gym ini dapat membantu anak untuk lebih cepat menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru. Situs di bawah ini adalah contoh brain gym. Selamat mencoba. J

No comments:

Post a Comment